Beranda » Blog » Kapan saatnya beralih ke Cloud ?

Kapan saatnya beralih ke Cloud ?

T Diposting oleh pada 20 March 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 257 kali

Cloud merupakan solusi yang sedang naik daun disaat ini, mulai dari perusahaan besar, hingga startup baru, kebanyakan sudah beralih ke cloud untuk menghemat biaya IT mereka.

Namun demikian muncul pertanyaan, kapankah saat yang tepat menggunakan Cloud?

 

Untuk persoalan tersebut, berikut ini pertanyaan yang harus dipertimbangkan untuk menentukan kapan beralih ke Cloud

  1. Apakah ada kebutuhan untuk membeli Hardware baru?
  2. Apakah Warranty Hardware Anda sudah mau berakhir?
  3. Apakah Total biaya listrik untuk IT cukup besar?
  4. Apakah IT staff Anda sudah memahami Cloud dengan baik?
  5. Apakah Data/Aplikasi Anda siap untuk di Migrasi ?

Bila pertanyaan diatas mayoritas Anda menjawab “Ya”, maka itu adalah saat yang tepat. Mari kita uraikan satu persatu.

Bila Anda akan membeli hardware baru, berapakah harga hardware? Bila Hardware baru Anda seharga 80-100juta, maka lebih baik dananya di jadikan ke biaya sewa untuk Cloud, jauh lebih murah dan bisa dijadikan biaya perbulan. Dengan demikian dana yang tersedia, bisa diputar untuk bisnis.

Bila Hardware Anda sudah mau habis warranty, maka arti nya siap-siap bila hardware Anda rusak, maka biayanya mahal sekali dan ada resiko kehilangan data bila yang rusak ialah Harddsik server/storage Anda. Lebih baik segera beralih ke cloud, karena cloud tidak perlu memusingkan warranty dan pasti ada Backup, karena server dan storage yang ditawarkan umumnya redundant atau mirroring.

Listrik mungkin kecil, tetapi pernahkan Anda mentotal biaya Listrik Hardware IT Anda dalam setahun? Bila sudah sampai puluhan dan bahkan ratusan juta, berarti sudah tidak effisien lagi dan Anda harus segera beralih ke Cloud, karena dengan cloud, listrik bukan Anda yang tanggung.

Selanjutnya, sebelum beralih ke Cloud, pastikan staff IT Anda sudah memahami arti Cloud, sehingga dengan demikian ketika terjadi migrasi, TIM IT Anda sudah tau apa yang harus dilakukan dan mengerti bagaimana memonitoring seluruh infrastruktur IT Anda melalui Cloud.

Terakhir ialah kesiapan Data untuk Migrasi. Migrasi butuh kerjasama yang baik antara TIM IT Anda dengan penyedia Cloud. Mengapa demikian, karena seringkali  terjadi data lupa dimigrasi atau ternyata data yang di migrasi, banyak data yang sudah tidak terpakai atau yang redudansi data. Ingat saat menyewa cloud, Anda menyewa sesuai kapasitas yang  diinginkan, dengan demikian penting untuk memastikan data tidak ada yang berulang atau sama.

Ingin mengetahu cloud lebih lanjut, silahkan menghubungi sales kami

Sukses selalu untuk Bisnis ANda

 

 

 

Belum ada Komentar untuk Kapan saatnya beralih ke Cloud ?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Kapan saatnya beralih ke Cloud ?

Kelebihan Private Cloud Server dibandingkan Dedicated Server

T 8 March 2017 F A Frans

Ingin memiliki infrastruktur IT yang baik, mudah diconfigurasikan, tidak perlu banyak pegawai untuk maintain, serta bisa diakses dari mana saja selama ada akses intenet? Cloud Computing adalah solusinya. Namun demikian kita perlu mengetahui kelebihan dari Cloud Computing atau Cloud Server.... Selengkapnya

Mengapa Beralih ke Private Cloud ?

T 6 March 2017 F A Frans

Dengan Cloud, semua aplikasi Anda  berjalan di Private Cloud Server kami yang telah teruji kehandalanya. Cloud Server kami secara otomatis melakukan backup data berkala, sehingga potensi kehilangan data akibat kerusakan harddisk/SSD dapat dikurangi secara signifikan. Mengapa Cloud Server? Salah satu... Selengkapnya

Cloud adalah

Cloud adalah ?

T 7 March 2017 F A Frans

Cloud adalah Saat ini mulai bermunculan perusahaan yang menawarkan Cloud, baik itu Public Cloud, Hybrid Cloud ataupun Private Cloud. Lalu muncul beberapa pertanyaan yang kurang lebih sebagai berikut  : Apa itu Cloud ? Apa Bedanya Public, Hybrid atau Private Cloud?... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Any question? Please contact our customer service to get more information on the services / products.