Beranda » Blog » Kelebihan Private Cloud Server dibandingkan Dedicated Server

Kelebihan Private Cloud Server dibandingkan Dedicated Server

T Diposting oleh pada 8 March 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 573 kali

Ingin memiliki infrastruktur IT yang baik, mudah diconfigurasikan, tidak perlu banyak pegawai untuk maintain, serta bisa diakses dari mana saja selama ada akses intenet? Cloud Computing adalah solusinya.

Namun demikian kita perlu mengetahui kelebihan dari Cloud Computing atau Cloud Server. Berikut ini beberapa kelebihan yang patut jadi pertimbangan untuk beralih ke Cloud Server atau lebih tepatnya Private Cloud Server.

Kelebihan Cloud

Kelebihan Cloud

1.Kecepatan  untuk konfigurasi dan keamanan.

Dengan server Private cloud, Anda  memiliki infrastruktur dan sumber daya online dalam beberapa menit. Sedangkan dengan dedicated server ini bisa memakan waktu lebih lama, bahkan berminggu-minggu dalam beberapa keadaan seperti, tenaga ahli yang tersedia, jadwal available, ketersediaan sparepart dll.

Dari sisi keamanan, data Anda tersimpan di Datacenter TIER3, dimana tidak sembarang orang boleh masuk, listrik yang stabil, seandainya mati pun masih ada UPS dan Genset. Bukan hanya secara elektric, tapi juga dari segi keamanan data, dilengkapi dengan firewall yang berlicense serta selalu automatic update.

2.Dapat melakukan Upgrade Memory,CPU dan Harddisk dengan cepat.

Dengan cara yang tradisional, bila ingin menambahkan memory, CPU atau harddisk, Anda harus menunggu bagian logistik membeli dan menunggu hari libur untuk mematikan server dan memasang alat tersebut. Tidak demikian dengan Private Cloud. Anda bisa menaikkan Memory, Core CPU dan Space Harddisk dalam hitungan Menit. Hal ini dimungkinkan karena Anda hanya tinggal meminta ke Admin penyedia Private Cloud

3.Kecepatan Akses dengan harga lebih murah.

Dengan Private Cloud, data/aplikasi Anda disimpan di Datacenter dengan kualitas bandwidth yang sangat besar melebihi bandwidth kantor Anda. Dengan demikian jelas akan jauh lebih cepat mengakses dengan cloud dibanding dengan server yang ada di kantor Anda. Selain itu riset juga membuktikan bahwa menggunakan cloud bisa mengurangi biaya infrastruktur hingga 60%. Biaya yang dihemat meliputi pembelian hardware, listrik yang bila diakumulasikan  3 tahun, ternyata biayanya lebih dari 40% Hardware yang Anda beli.

3.Merubah Capex jadi Opex.

Bagi pengusaha, sangatlah penting untuk menghemat keuangan tanpa mengurangi performa IT. Perhitungan sederhana dengan cara  tradisional yang terjadi ialah :

1.Pembelian server Hardware ratusan juta hingga miliar (Ruangan,Server,Storage,Network,Firewall, Swith, Hub,UPS, Genset, Cabling, Rack, APAR, dll)

2.Biaya listrik 40% dari Harga Hardware

3.Setelah tiga Tahun, Hardware tidak ada garansi dan sparepart mahal

4.Perlu mempekerjakan minimal 2 Orang staff IT (Server & Storage, Network dan Internal).

Dengan Cloud proses yang terjadi ialah :

  1. Anda tidak perlu beli, hanya sewa bulanan/tahunan
  2. Tidak ada biaya listrik, pengeluaran untuk listrik bisa dialokasikan untuk hal lain
  3. Tidak perlu khawatir garansi atau sparepart, Anda hanya tau menggunakan
  4. Anda cukup 1 Orang IT saja untuk mengelola dan berkordinasi dengan penyedia Cloud

 

Bayangkan Anda memiliki infrastruktur IT yang luar biasa kecepatannya dan murah, tanpa harus bangun ruangan server, bayar listrik bulanan, khawatir rusak, masalah ketersediaan sparepart, biaya gaji staf IT yang cukup banyak dll.

(Frans Fernando SM)

Belum ada Komentar untuk Kelebihan Private Cloud Server dibandingkan Dedicated Server

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Kelebihan Private Cloud Server dibandingkan Dedicated Server

Cloud adalah

Cloud adalah ?

T 7 March 2017 F A Frans

Cloud adalah Saat ini mulai bermunculan perusahaan yang menawarkan Cloud, baik itu Public Cloud, Hybrid Cloud ataupun Private Cloud. Lalu muncul beberapa pertanyaan yang kurang lebih sebagai berikut  : Apa itu Cloud ? Apa Bedanya Public, Hybrid atau Private Cloud?... Selengkapnya

Kapan saatnya beralih ke Cloud ?

T 20 March 2017 F A Frans

Cloud merupakan solusi yang sedang naik daun disaat ini, mulai dari perusahaan besar, hingga startup baru, kebanyakan sudah beralih ke cloud untuk menghemat biaya IT mereka. Namun demikian muncul pertanyaan, kapankah saat yang tepat menggunakan Cloud?   Untuk persoalan tersebut,... Selengkapnya

Mengapa Beralih ke Private Cloud ?

T 6 March 2017 F A Frans

Dengan Cloud, semua aplikasi Anda  berjalan di Private Cloud Server kami yang telah teruji kehandalanya. Cloud Server kami secara otomatis melakukan backup data berkala, sehingga potensi kehilangan data akibat kerusakan harddisk/SSD dapat dikurangi secara signifikan. Mengapa Cloud Server? Salah satu... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Any question? Please contact our customer service to get more information on the services / products.